April 1, 2021 By posotonexeis.org 0

Bagaimana Membantu Anak Anda yang Terlambat Berbicara

Does your child have a speech delay? - Today's Parent

Saat kita sangat menantikan untuk mendengar kata-kata pertama seorang anak, kita dipenuhi dengan kegembiraan dan antisipasi. Harapan yang begitu mudah membuat kita menjadi cemas, tanpa sadar menghambat perkembangan bicara pada anak kita. 

Samar Haidar, terapis wicara yang berbasis di Beirut dan Wakil Presiden Asosiasi Terapi Wicara Lebanon, sebelumnya menjelaskan berbagai faktor di balik keterlambatan bicara, menjelaskan peran yang dimainkan orang tua. Etcetera  berbicara dengan Samar untuk mencari tahu apa yang harus dan tidak boleh dilakukan orang tua ketika menghadapi keterlambatan bicara. 

 

Apakah Anda Membingungkan Anak Anda? 

Pada satu titik atau lainnya, kita semua secara tidak sadar mencoba membesarkan anak-anak yang berbudaya yang dapat berbicara dalam berbagai bahasa, beralih antara bahasa Arab, Inggris, dan Prancis. 

Seringkali, orang tua dari anak-anak dengan keterlambatan bicara disarankan untuk fokus pada satu bahasa di rumah. Alasannya sederhana: untuk menghindari kebingungan. 

“Setiap anak memiliki bahasa ibu yang menjadi landasan bagi anak untuk mengembangkan bahasa lain”, Samar menjelaskan dan melanjutkan “Tujuannya di sini adalah untuk fokus dan memperkuat bahasa ibu, sehingga dapat menjadi rujukan yang kokoh untuk pembelajaran bahasa lainnya”. 

Beberapa bahasa dapat memengaruhi balita saat kita menggunakannya dalam kalimat yang sama. Hal ini menyebabkan kebingungan dan kemungkinan keterlambatan bicara karena menurut Samar, “Setiap bahasa mengaktifkan bagian tertentu dari otak.”

Samar suka mendorong ‘satu orang, satu aturan bahasa’. Apa yang dia sarankan adalah setiap orang dalam keluarga dapat berbicara dengan balita hanya dalam satu bahasa. Jadi misalnya, Ibu dapat berbicara kepada anak dalam bahasa Prancis, Ayah dalam bahasa Arab, dan pihak ketiga dalam bahasa Inggris. 

“Di sini, karena kami membagi bahasa dengan jelas, tidak ada kesulitan bagi anak untuk memahami masing-masing bahasa”, Samar menjelaskan dengan tepat bahwa ketika sebuah kalimat dimulai dalam bahasa Inggris, itu harus diakhiri dalam bahasa Inggris juga. Menambahkan kata-kata dalam bahasa Arab dan Prancis di tengah jalan akan lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. Hanya ketika kita merasa anak itu memahami masing-masing bahasa ini secara terpisah, barulah kita dapat mulai mencampurnya.  

 

Apa yang Dapat Anda Lakukan untuk Membantu?

Sebagai orang tua yang prihatin, ketika kita merasakan keterlambatan bicara pada anak-anak kita, kita mulai stres dan tanpa sadar berhenti berbicara secara alami. 

Mengajukan pertanyaan seperti ‘apa yang kami sebut ini?’ hanya membingungkan anak. “Pidato berkembang ketika kita berbicara kepada anak dan menjelaskan dengan cara yang disederhanakan dengan berfokus pada frasa pendek, menekankan pada kata-kata tertentu dan memberi mereka waktu untuk mengekspresikan diri, menjelaskan Samar. 

Samar menyarankan untuk mencari bantuan ahli jika pada usia 20 bulan anak tersebut belum berbicara. “Saya ingin menekankan bahwa ketika orang tua datang kepada saya, saya ingin memberi mereka bimbingan dan kemudian memantau kemajuan dari kejauhan daripada langsung merawat anak. Jika kami melihat kemajuan itu terbatas, inilah saatnya kami melakukan intervensi. ” 

Terakhir, Samar menawarkan beberapa tip bagi orang tua untuk “berbicara secara alami, mengklarifikasi ungkapan, menurunkan diri Anda kepada anak sehingga Anda sejajar dalam melakukan kontak mata. Dalam setiap kalimat, fokuslah pada satu kata dan ulangi agar anak dapat memahaminya. ” 

Ia mengingatkan kita tidak hanya untuk berbicara tetapi juga memberi ruang dan waktu bagi anak untuk merespons. Bahkan jika Anda tidak dapat mendengar kata-kata yang sebenarnya, celotehan lucu itu juga penting. Samar meyakinkan kami bahwa suara-suara berharga itulah yang nantinya akan berkembang menjadi kalimat.  

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan anak Anda, seperti kebutuhan vitamin untuk tumbuh kembang nya, Anda bisa mencoba memberikan Generos Speech Delay multivitamin  untuk anak anda yang memiliki keluhat terlambat berbicara.